Selasa, 18 Mei 2010

Tergoda Superkurus, Bocah pun Anoreksia



LONDON - Luar biasa keinginan Bryony untuk superlangsing. Dia mati-matian berusaha menurunkan berat badannya, seperti yang kerap dilakukan para model. Sampai-sampai, Bryony yang saat itu baru berusia 8 tahun terjangkiti anoreksia.

Bryony mulai berhenti mengonsumsi makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi, seperti cokelat, daging, dan sebagainya. Ia pun makan dalam jumlah yang sangat sedikit. Berat badannya turun drastis, yang semula 44 kilogram tinggal 25 kilogram.

"Dia tidak mau makan sama sekali," kata Jackie Flicker, sang ibu, menceritakan keadaan yang dialami putrinya. "Dia berkata ingin mati, dan itu semua adalah salah saya," kenang seorang perawat ini.

Selama menderita anoreksia, Bryony merasa tersiksa. "Saya merasa payah dan tidak ingin berada dekat teman-teman. Saya merasa tidak berenergi dan merasa kedinginan sepanjang waktu. Jadi, saya tidak bisa berlari-lari seperti mereka. Saya tidak lagi sanggup makan dalam jumlah banyak, suara-suara dalam kepala saya mencegahnya," ungkap Bryony yang kini berusia 14 tahun. Dia kemudian dikirim menjalani rehabilitasi anoreksia di Rhodes Farm, sebelah utara London.

Menurut Dr Dee Dawson, pengelola Rhodes Farm, jumlah anak berusia di bawah 10 tahun yang menderita anoreksia meningkat 50 persen sejak dua tahun lalu. Riset yang dilakukan tahun lalu bahkan menemukan bahwa 70 persen anak berusia 7 tahun ingin tampak lebih kurus. "Kami terus-menerus menerima pasien usia muda," jelasnya.

Anoreksia merupakan suatu bentuk penyiksaan terhadap diri sendiri akibat takut gemuk akibat makan. Seperti halanya bulimia, anoreksia juga berbahaya bagi tubuh. Penderitanya mengalami gangguan makan yang menyiksa.

Dawson menyalahkan pesan-pesan ''makanan sehat'' yang didengungkan lewat berbagai media. ''Kita diberitahu untuk makan lima macam buah dan sayur tiap hari, dan mentega dikatakan sangat buruk. Coklat batang pun dilarang di sekolah-sekolah. Sayang anak-anak menelan pesan ini mentah-mentah dan melakukan diet yang malah menjerumuskan mereka dalam anoreksia. Yang lain terganggu pertumbuhan dan kondisi kesehatannya," papar Dawson.

Cekidot!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar